Sunday, March 22, 2015

Mencicipi Iga Bakar Si Jangkung



Hello semua, banyak pastinya diantara kalian yang menyukai kuliner, apalagi kuliner yang lezat. Bandung mempunyai aneka macam-macam kuliner yang unik, enak, dan tentunya murah, khususnya untuk kalian yang sedsang berlibur ke Bandung yang belum terlalu mengetahui tentang semua kuliner Bandung, baik rasanya ataupun jenisnya. Maka dari itu, disini saya akan memberi sedikit info kepada kalian tentang salah satu tempat kuliner yaitu dengan Mencicipi Iga Bakar Si Jangkung yang berbahan dasar iga.

Iga Bakar Si Jangkung

Kalian yang sangat menyukai kuliner wajib Mencicipi Iga Bakar Si Jangkung. Alasan tempat ini di beri nama Iga Bakar Si Jangkung karena yang mempunyai warung tenda ini memiliki fisik tubuh yang jangkung, atau dalam bahasa indonesianya bertubuh tinggi. Iga Bakar Si Jangkung ini berlokasi di Jl.Cipaganti No.75 Bandung, sangat dekat dengan Mesjid Cipaganti Bandung di sebelah kiri.

Iga Bakar Si Jangkung ini mempunyai menu andalan, yaitu Iga Bakar nya yang enak. Iga Bakar ini disajikan dengan menggunakan hotplate yang terbuat dari tanah liat. Disajikan saat keadaan mendidih panas, dengan kuah yang berwarna kecoklatan dan kental, daging yang sudah dipotong-potong berbentuk dadu dan dipadukan bersama irisan cabe rawit untuk menambah rasa pedas pada makanan. Saat melihat yang sudah disajikan, terlihat seperti rasanya sangat pedas dan tercium aroma iga dari kecapnya.

Berbagai macam menu yang di sediakan disini seperti Iga Bakar Kambing, Iga Bakar Sapi, Tongseng Sapi, Tongseng Kambing, Sop Bakar, Nasi Goreng, Krengsengan Sate Goreng Kambing, Krengsengan Sate Goreng Sapi, dan masih banyak menu yang disediakan disana.


Nikmatnya Menyantap Iga Bakar
Menu Iga Bakar Si Jangkung
Sajian Sup di Iga Bakar Si Jangkung
Menu Sup Iga Bakar Si Jangkung
Menu utama yang merupakan menu andalan disini adalah Iga Bakar. Daftar harga menu disini sangat terjangkau murah, sangat seimbang sekali karena menunya pun sangat istimewa. Menikmati menu makanan di Iga Bakar Si Jangkung ini sambil menikmati udara Bandung yang sejuk serta sambil menyantap lezat nya iga bakar.

Iga Bakar Si Jangkung ini setiap harinya selalu padat dipenuhi oleh pengunjung baik warga Bandung maupun luar Bandung. Jadi untuk kalian yang ingin cepat-cepat datang kesini dan penasaran ingin mencoba menu-menu yang disana, harus datang lebih awal karena tempat parkir selalu penuh atau kalian bisa mendapat tempat parkiran yang agak jauh dari lokasi kalian makan.

Oh iya, jika diantara kalian ada yang minat untuk nyoba bikin iga bakar ini dirumah, cukup lumayan mudah ko. Ini dia cara membuat dan bahan-bahan apa saja yang diperlukan.

Bahan-bahan yang diperlukan :

1. 250 gr iga kambing/daging kambing
2. 5 siung bawang putih, tumbuk halus
3. 5 cm kunyit, kupas dan tumbuk halus
4. 1,5 liter air
5. 2 sdm minyak samin
6. 4 sdm kecap manis
7. 10 bawang merah, iris dengan halus
8. 2 buah tomat merah, iris dengan ukuran besar
9. Cabai rawit merah jumlah sesuai selera, irisdengan  halus
10. Garam secukupnya
11. Lada putih secukupnya

Cara Membuat :

1. Rebus iga yang sudah dicuci bersih, campur dengan bawang putih dan kunyit halus, tambahkan sedikit garam.
2. Rebus iga sampai empuk, kurang lebih satu jam, angkat, dinginkan sebentar.
3. Bakar iga hingga kecokelatan
4. Panaskan minyak samin di atas wajan atau gerabah, aduk hingga rata.
5. Tambahkan kecap manis dan sedikit lada putih, aduk hingga rata, lalu angkat.
6. Iga Bakar siap disajikan

Nah, itu adalah info kuliner Bandung yaitu Iga Bakar Si Jangkung dan resep cara membuatnya jika kalian berada dirumah. Semoga dengan kalian Mencicipi Iga Bakar Si Jangkung kalian bisa menambah wawasan kuliner dan bisa mencoba membuatnya dirumah. Semoga bermanfaat dan kalian menyukainya. Terimakasih:)



No comments:

Post a Comment